E-Commerce VS Marketplace, Mana yang Lebih Baik? (Kekurangan dan Kelebihan)

Sekarang ini di Indonesia, aktifitas belanja online sudah mulai menjadi budaya. Hanya dengan terhubung pada jaringan internet dan duduk manis dirumah, kita sudah bisa langsung membeli barang yang kita inginkan tanpa capek-capek memilih dan keliling di pasar. Bukan hanya bisa membeli saja, barang yang kita inginkan bisa diantarkan ke tempat tinggal kita tanpa perlu menghabiskan waktu untuk menjemput barang tersebut. Bukan hanya itu saja, masih banyak kemudahan-kemudahan yang bisa kita dapatkan dalam berbelanja secara online.

Masih banyak lagi keuntungan-keuntungan lain yang bisa didapatkan ketika berbelanja online. Seperti banyaknya para penjual yang memberikan layanan yang cepat, ramah dan memberi kesempatan calon pembeli untuk bertanya-tanya terlebih dahulu pada penjual. Banyak juga para penjual-penjual besar, bahkan produsen yang berjualan langsung secara online, akibatnya harganya lebih murah dibanding harga yang ada di pasaran. Akan tetapi dalam hal harga, anda harus berhati-hati dalam membeli. Jangan menjadikan patokan kalimat berikut:

“Harganya Murah Banget! Ini Pasti Agen Resmi atau Produsen!”

Anggapan tersebut memang ada benarnya. Biasanya agen resmi mendapatkan harga yang rendah dari produsen sebuah produk. Begitu juga produsen itu sendiri, pasti akan berani menjual dengan harga rendah pada sebuah Marketplace. Anggapan inilah yang biasanya dialami oleh para calon pembeli sebuah produk di Marketplace. Padahal anggapan ini tidak selalu benar. Bagaimana jika produk yang anda lihat sekarang adalah produk yang sudah dipalsukan? Bagaimana kalau si produsen sudah menetapkan harga jual di pasaran? Pastinya anda tidak akan membeli produk itu jika itu produk palsu.

Anda harus berhati-hati dengan sebuah produk yang dijual online, lebih-lebih pada Marketplace yang notabene-nya bebas dimasuki siapa saja, termasuk oknum-oknum nakal yang tidak bertanggung jawab. Kenapa Marketplace bisa dimasuki siapa saja? Bagaimana dengan E-Commerce? Berikut adalah beberapa penjelasan tentang Marketplace dan E-Commerce beserta kekurangan dan kelebihannya.

Marketplace

Pengertian Marketplace adalah sebuah lokasi jual beli produk dimana seller dan juga konsumen bertemu di suatu tempat (online). Penjual akan menjual barangnya di lapak yang sudah disediakan oleh E-Commerce dengan Marketplace sebagai konsepnya. Produk yang dijual di Marketplace tersebut kemudian akan diiklankan oleh pihak E-Commerce untuk mendapatkan konsumen yang potensial (calon pembeli yang berpeluang besar untuk melakukan transaksi). Majunya E-Commerce dengan konsep Marketplace ini ditentukan oleh banyaknya jumlah seller dan juga konsumen yang bergabung di website E-Commerce.

Contoh dari Marketplace yang ada di Indonesia adalah seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Elevania, dan lain sebagainya. Sedangkan contoh Marketplace international adalah seperti eBay, Amazon, IKEA, dan lain sebagainya. Semua Marketplace umumnya mempunyai system yang sama antara Marketplace dalam negeri maupun Marketplace luar negeri. Pengertian gampangnya Marketplace adalah pasar yang bersifat online. Jadi kita bisa melakukan transaksi jual beli di tempat tersebut.

Kelebihan Marketplace

1. Banyak Penjual berkumpul, sehingga bisa saling tukar informasi dan tips serta sharing mengenai perdagangan

2. Banyak sekali menyediakan variasi pilihan dan tawaran produk

3. Beberapa Marketplace menyediakan promosi gratis

4. Biasanya banyak tersedia jasa Rekening Bersama untuk keamanan transaksi

5. Harga lebih kompetitif karena bersaing dengan banyak penjual

6. Merupakan tempat pembeli berkumpul, sehingga lebih mudah mencari target penjualan

7. Support dan keluhan bisa disharing ke penjual atau pembeli lain, serta laporan ke manajemen pemilik Marketplace

Kekurangan Marketplace

1. Customisasi web sangat terbatas

2. Jika pembeli melakukan pencarian, hasil pencarian akan menampilkan produk sama dari pedagang lain

3. Keberlangsungan web mengikuti managemen admin Marketplace

4. Persaingan antar penjual bisa mengakibatkan perselisihan dan saling menjatuhkan (misalnya dalam masalah harga)

5. Sering dimasuki iklan dari penjual lain yang tidak bertanggung jawab

E-Commerce (Toko Online)

E-Commerce atau bisa disebut Online Store adalah situs khusus yang dibuat oleh penjual untuk memperlihatkan produknya sendiri, menawarkan produknya sendiri, serta menjual produk yang diproduksi sendiri. Toko Online atau Online Store ini hanya ada 1 penjual saja yaitu pengelolanya atau produsen sebuah produk. E-Commerce ini Bisa berupa perusahaan ataupun perseorangan yang memiliki produk sendiri ataupun membeli pada distributor dan menjual kembali di toko online yang dimiliki.

Keuntungan Belanja Online

1. Bisa berbelanja kapanpun dan dimanapun

2. Anda tidak malu-malu pada saat akan berbelanja. Seperti belanja obat kuat

3. Hemat Energi karena anda tidak perlu pergi ke pasar atau apotik

4. Hemat Waktu karena anda bisa melakukan dimana saja dan kapan saja

5. Menghemat Bahan Bakar

6. Mudah Dalam Mencari Merchandise

7. Perbandingan Harga. Harga yang ditawarkan pada toko online resmi relative lebih murah

8. Tidak Harus Lama Menunggu Di Kasir

Kerugian Belanja Online

1. Tidak bisa secara langsung dalam memeriksa Item yang ingin anda beli

2. Anda Bisa Tertipu jika berbelanja di situs yang tidak terpercaya

3. Hilangnya Kepuasan Instan karena anda tidak bisa langsung menggunakan produk yang anda beli setelah anda keluarkan uang seperti di toko-toko offline.

Sebenarnya, Marketplace dan Online Store ini saling mendukung satu sama lain. Pemilik Online Store bisa membuka lapaknya juga di Marketplace dan kemudian menggiring pelanggan untuk menuju dan menjelajah online storenya atau bisa juga langsung melakukan contact dan transaksi lewat Marketplace.

Inilah kenapa bisa dikatakan bahwa keduanya bisa saling mendukung satu sama lain, akan tetapi disisi lain bisa menjadi boomerang bagi kita para penjual maupun pembeli. Pastinya ini dipengaruhi berbagai faktor. Terlalu Banyaknya penipuan di Marketplace juga membuat pembeli harus berhati-hati jika ingin membeli suatu barang dari Marketplace. Seperti obat LHIFORMEN yang sudah banyak dipalsukan oleh oknum-oknum yang tidak bertnggung jawab seperti pada artikel ini (JANGAN TERTIPU!!! Ini Cara Membedakan Lhiformen Asli dan Palsu)

Jadi, Kesimpulannya adalah baik toko online dan Marketplace mempunyai peran masing-masing dalam kelebihan dan kekurangannya. Jika Marketplace tertentu unggul pada system rekening bersama, toko online unggul dalam cepatnya pengiriman dan keaslian produknya. Untuk masalah soal penipuan, cara terbaik untuk menghindari penipuan saat belanja online adalah dengan menghubungi langsung penjual, dan menanyakan alamat lengkapnya. Setelah itu anda cek sendiri di Google alamat yang dikatakan penjual tersebut untuk memastikan bahwa alamat tersebut tidak dibuat-buat.

Itu dulu yang bisa kami sampaikan pada artikel ini seputar E-Commerce VS Marketplace yang dilihat dari Kekurangan dan Kelebihannya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda, dan Be A Smart Buyer!

Alamat Kantor

Jl. Mulya No.46 Kudus, 59332, Jawa Tengah, Indonesia

CUSTOMER SERVICE I (ANDRA)

  • Pin BBM 5F351097
  • Telepon/SMS/WA 089661735171
  • Email terlalucepat45@gmail.com
  • LINE devi.aura
    Line Devi Aura

CUSTOMER SERVICE II (SUSAN)

  • Pin BBM D12EA3D5
  • Telepon / SMS 081375763726
  • Email terlalucepat45@gmail.com
  • LINE 081375763726
    Line Devi Aura

Hari & Jam Kerja

Senin-Sabtu, 08:00-16:00 WIB

Diluar jam kerja, bisa SMS/email