Deretan Penyebab Mani Encer (Beserta Cara Mengatasinya)

Penyebab Mani Encer - Air mani merupakan cairan yang dikeluarkan oleh penis pada saat penis berada di puncak rangasangan seksual pada pria. Setelah ejakulasi, biasanya air mani akan mengalami pembekuan setelah 30 menit. Tekstur yang dimiliki air mani biasanya adalah lengket dan memiliki warna seperti campuran antara cairan jernih dengan susu putih. Dan dalam cairan putih lengket tersebut biasanya hidup jutaan sampai milyaran sel sperma.

Menurut beberapa laporan dokter, ada beberapa pria yang ketika mengalami ejakulasi tidak mendapatkan air mani yang bertekstur encer, tidak kental, bening, dan lain sebagainya yang tidak berciri layaknya pada umumnya air mani. Inilah yang membuat kebanyakan pria mengalami kekhawatiran yang cukup banyak. Mereka ketakutan bahwa mereka akan mandul atau tidak akan bisa mempunyai momongan. Lebih-lebih pada mereka yang mengalami jangka panjang dalam kondisi tersebut.

Penyebab Mani Encer

Tekstur Air mani yang encer normal ditemukan pada remaja pria yang belum matang secara seksual atau belum menginjak pubertas. Jadi anak laki-laki yang mengalami kondisi mani encer tidak perlu khawatir secara berlebihan. Nah, kalau pada orang dewasa, tekstur mani encer juga sesekali umum ditemukan. Beberapa penyebab yang bisa menjelaskan peristiwa mani encer adalah sebagai berikut:

1. Jumlah Sperma Tidak Cukup Untuk Sekali Ejakulasi

Melakukan aktifitas seksual terlalu sering adalah penyebab mani encer paling umum yang dialami oleh seorang pria. Apabila anda terlalu sering melakukan onani / Masturbasi atau sering melakukan aktifitas seksual lain, pasti akan berpengaruh besar pada bentuk fisik air mani yang anda keluarkan saat ejakulasi. Pria yang sangat sering melakukan aktifitas seksual cenderung mempunyai tekstur mani yang encer atau bening.

2. Kadar Sperma Dalam Air Mani Sedikit

Nama lain dari kondisi ini adalah ogliospermia. Yaitu dimana per millimeter air mani, jumlah sel sperma yang terkandung tidak lebih dari 15 juta sel sperma. Penyebab utama kondisi ini adalah kekurangan zat besi. Oleh karena itu, jika anda ingin memiliki air mani yang kental, sebaiknya anda mulai menambahkan makanan yang mengandung banyak zat besi seperti bayam, daging sapi, kangkung, kentang dan lain-lain.

3. Kekurangan Fruktosa

Defisit atau Kekurangan fruktosa bisa terjadi akibat buruknya kebiasaan pola makan yang Anda lakukan atau anda terlalu keras saat melakukan olahraga. Kondisi tersebut sangat memungkinkan anda mengalami kekurangan fruktosa. Jika fruktosa anda deficit, tekstur air mani yang keluar akan membuat anda khawatir. Air mani anda akan mempunyai tekstur yang encer, mempunyai warna yang bening seperti air biasa, dan tidak ada tanda-tanda kehidupan sperma disana.

4. Ejakulasi Dalam

Ejakulasi dalam mempunyai nama lain yaitu retrogade ejaculation. Kondisi ini biasanya menjadi tanda bahwa pria tersebut tidak subur. Apabila Anda mengalami ejakulasi terbalik atau retrograde ejaculation, anda tidak akan mempunyai air mani yang banyak saat ejakulasi. Bahkan bisa saja sperma anda tidak keluar sama sekali saat anda ejakulasi. Kondisi ini pada umumnya tidak memerlukan bantuan medis professional dari luar negeri. Biasanya dokter akan menangani kondisi ii dengan memberikan obat-obatan seperti SCount.

Cara Mengatasi Air Mani Encer

Cara Meningkatkan volume cairan ejakulasi akan menghasilkan daya tarik yang lebih besar, peningkatan kesuburan, dan juga pengalaman orgasme yang lebih besar dari produksi sperma yang sehat dan kuat. Inilah beberapa tips untuk meningkatkan konsistensi air mani encer yang bisa anda jadikan referensi:

1. Kendalikan Frekuensi Ejakulasi Dalam Sehari

Umumnya sperma membutuhkan waktu 3 bulan untuk matang dalam testis. Apabila Anda mengalami ejakulasi lebih dari satu kali dalam sehari melalui hubungan seks atau masturbasi/onani, testis Anda mungkin tidak akan mendapatkan waktu untuk memproduksi air mani yang kental dan lengket berwarna putih susu. Inilah penyebab anda menghasilkan konsistensi air mani encer. Agar anda terhindar dari hal ini, sebaiknya anda menunggu selama lebih dari 5 jam untuk dapat mengembalikan volume normal sperma sebelum mengupayakan ejakulasi lagi.

2. Ciptakan Pola Makan Dan Gaya Hidup Sehat

Apabila Anda mengkhawatirkan penampilan fisik air mani yang anda keluarkan, seharusnya anda benar-benar menjaga pola makan anda dengan baik. Perbanyak nutrisi Protein yang merupakan nutrisi yang baik untuk tubuh dapat menghasilkan air mani yang lengket dan kental. Anda bisa menemukan asupan protein dari tahu, tempe, ikan, daging, ayam, susu, keju, dan juga kacang-kacangan serta biji-bijian jika Anda seorang vegetarian atau tidak memakan daging.

Anda harus memenuhi pula asupan buah dan sayuran untuk mendapatkan suplai fruktosa yang cukup. Bukan hanya itu saja, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen asam folat, vitamin C dan E, dan zat besi –seperti SCount– yang mampu mendorong produksi air mani yang lebih baik kualitasnya. Jadwalkan kembali olahraga anda agar sirkulasi darah anda teratur dan kinerja semua organ tubuh anda menjadi optimal.

3. Cerdas Pilih Celana Dalam

Pilihlah celana dalam yang tepat. Lebih baik anda menghindari pemakaian celana dalam yang terlalu ketat karena hal ini dapat menyebabkan produksi air mani menurun akibat peningkatan temperatur dan kelembapan dalam testis.

Itulah beberapa deretan mani encer dan cara mengatasinya. Semoga dengan membaca dan mempraktekkan tips diatas, anda bisa membuat sperma anda kembali optimal.

Alamat Kantor

Jl. Mulya No.46 Kudus, 59332, Jawa Tengah, Indonesia

CUSTOMER SERVICE I (ANDRA)

  • Pin BBM 5F351097
  • Telepon/SMS/WA 089661735171
  • Email terlalucepat45@gmail.com
  • LINE devi.aura
    Line Devi Aura

CUSTOMER SERVICE II (SUSAN)

  • Pin BBM D12EA3D5
  • Telepon / SMS 081375763726
  • Email terlalucepat45@gmail.com
  • LINE 081375763726
    Line Devi Aura

Hari & Jam Kerja

Senin-Sabtu, 08:00-16:00 WIB

Diluar jam kerja, bisa SMS/email